Satgas PPKS UT Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual bagi Mahasiswa Baru pada Kegiatan OSMB UT Purwokerto

Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Terbuka (Satgas PPKS UT) melakukan kegiatan “Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual” bagi mahasiswa baru pada acara Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) di UT Purwokerto. Acara tersebut diselenggarakan secara luring, bertempat di Hotel Surya Yudha Purwokerto pada hari Minggu, 13 Agustus 2023.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 308 Mahasiswa. Mereka yang hadir berasal dari beberapa daerah wilayah kerja UT Purwokerto. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan terhadap isu kekerasan seksual, mulai dari tujuan dibentuknya Satgas PPKS UT, bentuk kekerasan seksual dan cara melaporkannya.

Kegiatan tersebut diwakili oleh Ali Prayogi selaku anggota Satgas PPKS UT yang memperkenalkan tentang Satgas PPKS UT, mulai dari dasar hukum, tujuan, fungsi dan wewenang. “Satgas PPKS UT merupakan bentuk komitmen UT dalam mengimplementasikan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021. Adapun tugas Satgas PPKS UT antara lain mensosialisasikan tentang kekerasan seksual dan melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan UT,” jelas Ali.

Hasil survei Kemdikbud pada tahun 2020 menyebutkan bahwa sebanyak 77% Dosen mengakui bahwa di kampusnya telah terjadi kekerasan seksual. Hasil survei ini menjadi salah satu bukti bahwa lingkungan kampus saat ini belum menjadi lingkungan yang aman dan nyaman untuk kegiatan akademik.

“Ada empat bentuk dari kekerasan seksual yang biasa terjadi di lingkungan kampus yaitu kekerasan verbal, fisik, non-fisik, serta teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, pelaporan kekerasan seksual bisa melalui portal PPKS UT,” ungkap Ali.  

Ali juga menambahkan bahwa untuk menciptakan iklim akademik yang sehat, aman dan nyaman di lingkungan UT perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak. Menciptakan lingkungan yang bebas dari kekerasan seksual bukan hanya tugas Satgas PPKS UT saja, tetapi juga tugas seluruh sivitas akademika.