Pelantikan dan Pelatihan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) di bawah kepemimpinan Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. berkomitmen dalam menciptakan iklim akademik yang aman, nyaman, dan produktif untuk seluruh sivitas akademika bebas dari kekerasan seksual, oleh karena itu, dibentuklah Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Terbuka (Satgas PPKS-UT) sebagai bentuk amanah Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKS di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Pelantikan Satgas PPKS berlangsung pada tanggal 13 Juli 2023 bertempat di Gedung Prof. Setijadi Universitas Terbuka Jl. Pondok Cabe Tangerang Selatan oleh Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum. Adapun Anggota Satgas PPKS-UT yang baru saja dilantik yaitu sebanyak 23 orang yang terdiri dari Dosen, Tendik dan Mahasiswa yang ditetapkan berdasarkan SK Rektor Universitas Terbuka Nomor 8/UN31/HK.02/2023, antara lain:

  1. Dr. Mani Festati Broto, M.Ed. sebagai Ketua Satgas
  2. Megafury Apriandhini, S.H., M.H. sebagai Wakil Ketua Satgas
  3. Ahmad Teguh Faruq Saputra, S.H. sebagai Sekretaris Satgas
  4. Dr. Yuni Tri Hewindati sebagai Anggota
  5. Dr. Rif’at Shafwatul Anam, M.Pd. sebagai Anggota
  6. Hana Norhamida, S.E., M.Si. sebagai Anggota
  7. Farisa Maulina Amo, S.T., M.T. sebagai Anggota
  8. Erna Risnawati, M.Si. sebagai Anggota
  9. Editha Natalina Nababan, M.Ak. sebagai Anggota
  10. Musliadi, S.T. sebagai Anggota
  11. Yenni Refa, S.E. sebagai Anggota
  12. Ali Prayogi sebagai Anggota
  13. A Nidhiya Dwi Restianti sebagai Anggota
  14. Ayu Lestari sebagai Anggota
  15. Eqi Destafrina sebagai Anggota
  16. Erlangga Aryanindra Saputra sebagai Anggota
  17. Faradila Utami sebagai Anggota
  18. Gladys Dara Marsha Fenumal sebagai Anggota
  19. Refqa sebagai Anggota
  20. Nur Kholis Saputra sebagai Anggota
  21. Indri Fadila Veronica Watugigir sebagai Anggota
  22. Minhatul Aidy Kusuma sebagai Anggota
  23. Muhammad Yusmi Ridho sebagai Anggota

Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. berharap dengan adanya Satgas PPKS-UT, sivitas akademika UT dapat beraktivitas dengan penuh rasa aman dan nyaman. Menurut Dr. Mani Festati Broto, M.Ed. (selaku Ketua Satgas PPKS-UT), “Adanya Satgas PPKS-UT memberi sinyal komitmen UT untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh civitas akademika”.

Pelantikan Satgas PPKS UT ini dihadiri oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan juga Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Regulasi Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H., serta Kepala Pusat Sumber Daya Manusia UT Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si.

Dalam sambutannya Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mengingatkan bahwa Satgas dalam menjalankan tugasnya senantiasa berpihak pada korban. “Prinsip yang harus dijaga adalah berpihak kepada korban kekerasan seksual,” sambung Bu Catharina.

Acara pelantikan Satgas PPKS UT dilanjutkan dengan pelatihan penguatan kapasitas Satgas PPKS-UT dalam melaksanakan tugasnya oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya antara lain Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Prof. Dr. Emy Susanti, Dra., M.A., Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., Ph.D., Dr. dr Natalia Widiasih, SpKJ (K), Dr. Nathanael Sumampouw M.Sc. M.Psi, Maria Yulinda Ayu Natalia, M.Psi. dan perwakilan dari Polda Banten.